Selasa, 03 November 2020

SKI KELAS IX BAB III (PERKEMBANGAN PESANTREN DI INDONESIA)

 

RINGKASAN MATERI SKI KELAS IX

BAB III (PERKEMBANGAN PESANTREN DI INDONESIA)

 

A.      Munculnya Pesantren di Indonesia

·      Pesantren merupakan bentuk lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia

·      Pondok berasal dari kata Funduq yang artinya “asrama”. Sedangkan pesantren memiliki akar kata santri.

·      Lahirnya lembaga pendidikan pesantren dimulai sejak masa walisanga

·      Sunan Ampel yang pertama kali mendirikan pesantren di daerah padepokan di Ampel Surabaya dan menjadikannya pusat pendidikan di pulau Jawa

·      Pesantren merupakan cikal bakal berdirinya pesantren- pesantren di tanah air

·      Ciri khas dari lembaga ini adalah rasa keikhlasan yang dimiliki para santri dan kyai, hubungan mereka tidak sekedar sebagai murid dan guru, tetapi lebih seperti anak dan orang tua

·      Anak yang ideal untuk menjadi santri adalah pada saat usianya menginjak 12 tahun atau ketuka berada pada jenjang MTs

 

B.      Perkembangan Pesantren di Indonesia

1.      Pesantren Tradisional (salaf)

·         Mengajarkan kitab-kitab berbahasa Arab dan tanpa diberikan pengetahuan umum

·         Pola pengajarannya menerapkan sistem halaqoh (kelompok)

·         Kurikulumnya tergantung pada kyai pengasuh pondok

2.      Pesantren Komprehensif (khalaf)

·         Pesantren yang menggabungkan sistem pendidikan tradisional dan sistem pendidikan modern

·         Pengajarannya menggunakan kitab kuning secara halaqoh

·         Menggunakan sistem kurikulum nasional madrasah atau sekolah

3.      Pesantren Modern

·         Penerapan sistem belajar modern tampak pada kelas-kelas belajar

·         Kurikulum yang digunakan adalah kurikum sekolah

C.      Unsur-unsur Pesantren

1.      Kyai

2.      Santri

3.      Pondok

4.      Masjid

5.      Kitab Kuning

D.     Fungsi Pesantren

·         Pusat kajian Islam

·         Pusat pengembangan dakwah

E.      Peranan Pesantren

·         Pernan Isntitusi/Kelembagaan

Pondok pesantren menyelenggarakan kegiatan pengajian / tafaqquh fiddin agar para santri mengerti tentang ajaran dan pengetahuan agama islam

·         Peranan Instrumental

Pondok pesantren sebagai sarana dakwah islamiyah yang melahirkan sumber daya manusia yang berorientasi dalam dakwah islamiyah

·         Peranan Sumber Daya Manusia

Pondok pesantren berperan dalam menyediakan dan mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas dalam pemenuhan dakwah islamaiyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar