KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SEMESTER 1/GASAL
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR / KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
1.
|
Menghargai
dan menghayati
ajaran
agama yang
dianutnya.
|
1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW. sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat.
|
Menjelaskan Misi Nabi
Muhammad sebagai rahmatan
Lil ‘alamiin
|
Peserta diberikan sebuah narasi dan
peserta didik diminta untuk menentukan misi yang dijadikan sebagai rahmatan
lil alamiin
|
K1
|
Menjelaskan
hikamah dari misi nabi Muhammad Saw sebagai
rahmatan lil ‘alamin
|
Disajikan
gambaran semangat perjuangan misi Nabi Muhammad SAW. Peserta didik diminta
untuk mengambil hikmah dari misi nabi muhammad sebagai rahmatan lil alamiin
|
K2
|
|||
2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah.
|
Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam
|
Ditampilkan narasi tentang kondisi
Mekkah sebelum Islam. Pesrta didik diminta untuk mengidentifikasi kondisi
kota Mekah sebelum datangnya islam.
|
K3
|
Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
|
Disajikan
gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta
didik dapat menjelaskan cara da’wah Rasululullah SAW di Makkah.
|
K4
|
|||
Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
|
Disajikan gambaran dakwah Nabi di Mekkah. Siswa diminta menyebutkan faktor-faktor
apa saja yang menyebabkan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
|
K5
|
|||
Menjelaskan keteladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi
masyarakat Mekkah
|
Diberikan narasi sebuah aktifitas yang berhubungan dengan keteladanan
dari perjuangan Nabi SAW di Makkah
|
A1
|
|||
menghapal
surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7.
|
Siswa diminta untuk melafalkan surat al ‘Alaq 1-5 dan surat
Al Mudatsir 1-7.
|
P2
|
|||
2.2 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.
|
Menjelaskan respon Masyarakat Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad SAW
|
Siswa diminta menentukan respon
masyarakat Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad SAW
|
K6
|
||
Menjelaskan kondisi Madinah
sebelum datang Islam
|
Disajikan sejarah singkat dakwah Nabi di
kota Madinah. Siswa diminta menentukan
salah satu kondisi kota Madinah sebelum datang Islam
|
K7
|
|||
Menjelaskan pola dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
Disajikan narasi singkat tentang dakwah Nabi Muhammad
di Madinah. Menjelaskan keterkaitan pola dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan
perkembangan dakwah sekarang
|
A2
|
|||
Menganalisi pola dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
|
Diberikan sebuah narasi
tentang pola dakwah nabi periode madinah, sisiwa diminta untuk menentukan
pola dakwah nabi periode madinah
|
K8
|
|||
2.3 Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad
SAW. Dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang.
|
Mengidentifikasi
cara Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat
melalui ekonomi dan perdagangan di Madinah
|
Disajikan table, siswa diminta mengelompokkan antara jalur ekonomi dan
jalur perdagangan yang dilakukan Nabi SAW untuk membangun Madinah
|
K9
|
||
A3
|
|||||
2.4 Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi
Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
|
Diberikan sebuah narasi tentang Nabi
Muhammad sebagai rahmatan lil ‘alamin peserta
didik diminta meneladani sifat Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
|
P4
|
||
Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil
‘alamin
|
Disajikan narasi tetntang misi Nabi
Muhammad sebagai rahmatan lil ‘alamin. Siswa diminta menentukan hikmah yang bisa diambil dari Nabi SAW sebagai rahmatan lil
‘alamin
|
A4
|
|||
3.
|
Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
3.1 Melafalkan QS. Al-‘Alaq [96]: 1-5 yang merupakan
wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW.
|
Menyusun surat al
Alaq [96]: 1-5
|
Ditampilkan surat al Alaq secara acak.
Siswa diminta untuk menyusun potongan ayat surat al Alaq [96]:
1-5 dengan urut
|
K10
|
Menghafalkan
surat al Alaq [96]: 1-5
|
Siswa
diminta melafalkan dengan hafalan surat al Alaq [96]: 1-5
|
P5
|
|||
3.2 Melafalkan QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7 yang
merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW.
|
Menghafalkan QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7
|
Siswa
diminta melafalkan dengan hafalan QS.
Al-Mudatsir [84]: 1-7
|
P6
|
||
Melengkapi
potongan ayat
|
Ditampilkan ayat yang belum lengkap. Siswa diminta melengkapi soal yang terdapat potongan
kata dari QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7 yang rumpang
|
K11
|
|||
3.3 Melafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS.
al-Hijr [15] : 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
|
Menghafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
|
Siswa
diminta melafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] :
94
|
P7
|
||
Menjelaskan arti
dari surat QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] :
94
|
Disajikan sebuah potongan ayat. Siswa disuruh menentukan arti dari potongan QS.
Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
|
K12
|
Nama Anggota
Kelompok 4:
1.
Irfania Nur Dianti
2.
Fathul Darmawan
3.
Nurul Izzati
4.
Ristiana Nisa’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar