Rabu, 27 April 2016

KISI-KISI SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII

KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH  SEMESTER  GASAL KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)  
MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SEMESTER 1/GASAL

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR / KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang
dianutnya.
1.1  Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

Menjelaskan Misi Nabi
Muhammad sebagai rahmatan
Lil ‘alamiin
Peserta diberikan sebuah narasi dan peserta didik diminta untuk menentukan misi yang dijadikan sebagai rahmatan lil alamiin
K1
Menjelaskan hikamah dari misi nabi Muhammad Saw sebagai  rahmatan lil ‘alamin
Disajikan gambaran semangat perjuangan misi Nabi Muhammad SAW. Peserta didik diminta untuk mengambil hikmah dari misi nabi muhammad  sebagai rahmatan lil alamiin
K2
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah.
Menjelaskan Kondisi Makkah sebelum Islam

Ditampilkan narasi tentang kondisi Mekkah sebelum Islam. Pesrta didik diminta untuk mengidentifikasi kondisi kota Mekah sebelum datangnya islam.
K3
Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menjelaskan cara da’wah Rasululullah SAW di Makkah.

K4
Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

Disajikan gambaran dakwah Nabi di Mekkah. Siswa diminta menyebutkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
K5
Menjelaskan keteladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah

Diberikan narasi sebuah aktifitas yang berhubungan dengan keteladanan dari perjuangan Nabi SAW di Makkah
A1
menghapal surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7.
Siswa diminta untuk melafalkan surat al ‘Alaq 1-5 dan surat Al Mudatsir 1-7.
P2
2.2  Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.
Menjelaskan respon Masyarakat Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad SAW

Siswa diminta menentukan   respon masyarakat Madinah terhadap kedatangan Nabi Muhammad SAW
K6
Menjelaskan kondisi Madinah sebelum datang Islam
  Disajikan sejarah singkat dakwah Nabi di kota Madinah. Siswa diminta menentukan salah satu kondisi kota Madinah sebelum datang Islam
K7
Menjelaskan pola dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah




Disajikan narasi singkat tentang dakwah Nabi Muhammad di Madinah. Menjelaskan keterkaitan  pola dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang

A2
Menganalisi pola dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
Diberikan sebuah narasi tentang pola dakwah nabi periode madinah, sisiwa diminta untuk menentukan pola dakwah nabi periode  madinah
K8
2.3  Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW. Dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang.


Mengidentifikasi cara  Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat melalui ekonomi dan perdagangan di Madinah



Disajikan table, siswa diminta mengelompokkan antara jalur ekonomi dan jalur perdagangan yang dilakukan Nabi SAW untuk membangun Madinah
K9
A3
2.4  Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

Diberikan sebuah narasi tentang Nabi Muhammad sebagai rahmatan lil ‘alamin peserta didik diminta meneladani sifat Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
P4
Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

Disajikan narasi tetntang misi Nabi Muhammad sebagai rahmatan lil ‘alamin. Siswa diminta menentukan hikmah yang bisa diambil dari Nabi SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
A4
3.
Mencoba, mengolah  dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
3.1  Melafalkan QS. Al-‘Alaq [96]: 1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW.
Menyusun surat al Alaq [96]: 1-5
Ditampilkan surat al Alaq secara acak. Siswa diminta untuk menyusun  potongan ayat surat al Alaq [96]: 1-5 dengan urut
K10
Menghafalkan surat al Alaq [96]: 1-5
Siswa diminta melafalkan dengan hafalan surat al Alaq [96]: 1-5
P5
3.2  Melafalkan QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW.
Menghafalkan QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7
Siswa diminta melafalkan dengan hafalan QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7
P6
Melengkapi potongan ayat
Ditampilkan ayat yang belum lengkap. Siswa diminta melengkapi soal yang terdapat potongan kata dari QS. Al-Mudatsir [84]: 1-7 yang rumpang
K11
3.3  Melafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
Menghafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
Siswa diminta melafalkan QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
P7
Menjelaskan arti dari surat QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
Disajikan sebuah potongan ayat. Siswa disuruh  menentukan arti dari potongan  QS. Asy-Syu’ara [26]: 154 dan QS. al-Hijr [15] : 94
K12



Nama Anggota Kelompok 4:
1.      Irfania Nur Dianti
2.      Fathul Darmawan
3.      Nurul Izzati
4.      Ristiana Nisa’

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar